Senin, 09 Mei 2011

Bikin ECG sendiri yuuk...

Gini nih caranya...

1. Lampirkan empat elektroda pada kedua pergelangan tangan dan pergelangan kaki, seperti yang ditunjukkan di Laboratorium Gambar 17.3.

2. Rekam ECG, sadapan I, II, dan III dengan subjek saat istirahat dan selama latihan ringan (berjalan naik dan turun tangga dua kali).
Penempatan Limb untuk elektrokardiogram dan segitiga Einthoven. RA = lengan kanan, LA = lengan kiri, RL = kaki kanan, LL = kaki kiri. Lead II terletak di sepanjang sumbu jantung dan merupakan sinyak EKG yang paling sering ditampilkan.

3. Untuk masing-masing lead, dikarenakan tegangan outputnya kecil, maka harus diberikan rangkaian instrumentasi amplifier dulu. Seteleh melalui amplifier, beri juga rangkaian Low pass filter agar sinyalnya terhindar dari noise.
ini instrumentasi amplifiernya...


ini LPF-nya...

4.  Untuk membuktikan teori segitiga Einthoven -jumlah tegangan tiap lead sama dengan nol- , maka kita butuh suatu alat yang bisa mengambil data ketiga lead tadi secara simultan. Alat tersebut adalah osiloskop yang punya chanel minimal 3 yang sudah di trigger terlebih dahulu. Atau kalau kalian nggak pengen susah-susah trigger osiloskop, cukup dengan memakai DAQ yang simultan...tapi harganya wuiiih...7 juta...

OK, selamat mencoba...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...